Rabu, 02 Januari 2013

UIN Alauddin Sosialisasi SNMPTN 2013 di Kemenag Gowa



(Sungguminasa, Pelaksana Humas Gowa). Fakultas Adab Universitas (UIN) Alauddin Makassar melaksanakan sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Kegiatan ini digelar pada hari senin (31/12) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa. Peserta kegiatan ini terdiri atas Kepala Madrasah dan beberapa guru yang ada dilingkungan Kemenag Gowa. Tampil sebagai pembicara, Dekan Fakultas Adab UIN Alauddin, Prof. Dr. Mardan, M. Ag dan staf pada bidang akademik.
Sosialisasi ini bertujuan memberikan informasi awal kepada kepala madrasah dan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN. Dari pantauan di lokasi kegiatan, beberapa hal yang jelaskan terkait dengan aturan perundang-undangan, nilai (value) pelaksanaan SNMPTN, tujuan SNMPTN, Ketentuan Umum, Ketentuan Khusus, dan Persyaratan SNMPTN serta tata cara mengikuti SNMPTN.
Selain itu dijelaskan juga hal-hal teknis lainnya seperti biaya-biaya, jadwal  pelaksanaan serrta program studi dan jumlah pilihan.

Selain member materi lisan, pembicara juga memberikan materi tertulis yang dikemas dalam bentuk soft copy sehingga memudahkan bagi para kepala sekolah dan guru untuk menyampaikan kembali kepada siswa-sisiwi madrasah aliyah yang akan mengikuti SNMPTN tahun 2013.

Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Sejalan dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengikuti seleksi melalui SNMPTNdan jika diterima di PTN akan mendapatkan beasiswa selama masa studi normal.(Idris Musi)www.sulsel.kemenag.go.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar