Minggu, 10 Februari 2013

UIN Alauddin Uji Kompetensi Guru Madrasah

Sungguminasa, (Pelaksana Humas Gowa). Sebanyak 81 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se- Kabupaten Gowa mengikuti Evaluasi Diklat Peningkatan Kompetensi guru PAI, Senin (28/01) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa. Kegiatan ini dilaksanakan oleh LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Tenaga pendidik tersebut berasal dari tingkat SMU dan SLTP
Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur kompetensi guru PAI sekaligus sebagai upaya meningkatkan pengetahuan para pahlawan tanpa tanda jasa ini. Metode yang digunakan ialah ceramah dan tes. Untuk metode tes, pelaksana kegiatan menurunkan delapan orang tim penguji. Sesekali terlihat koordinator pelaksana mendampingi para peserta yang nampak serius mengikuti ujian ini.
Kompetensi guru merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal pengevaluasian, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar.
Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan evaluasi, Pelaksanaan evaluasi pembelajaran tersebut dimulai dari merumuskan perencanaan evaluasi, menganalisis kebutuhan (menentukan tujuan penilaian, mengidentifikasi kompetensi dan hasil belajar, menyusun kisi-kisi atau blueprint, mengembangkan draft instrumen, uji coba dan analisis instrumen, revisi dan merakit instrument baru), monitoring evaluasi, mengolah dan menafsirkan data serta pelaporan dan tindak lanjut hasil evaluasi.
Selain Kabupaten Gowa, UIN Alauddin juga melaksanakan kegiatan yang sama di tiga tempat, yakni Kabupaten Takalar, Jeneponto dan Kota Makassar. (Idris Musi/wardy).sulselkemenag.go.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar