Minggu, 10 Februari 2013

Guru Bukan Hanya Mengajar, Tetapi Mendidik

Makassar, (Pelaksana Humas Gowa). Setelah berlangsung selama tiga hari, pelatihan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) dinyatakan selesai. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa, HM. Ahmad Muhajir AF menutup secara resmi kegiatan pada hari Ahad, (19/1) di Hotel Coklat Makassar.
Sebelum menutup kegiatan, Muhajir juga menjadi narasumber dengan membawakan materi Kebijakan Teknis tentang Pendidikan Agama Islam. Di hadapan 40 orang peserta yang merupakan guru PAI di Kabupaten Gowa, ia mengemukakan perbedaan antara mendidik dan mengajar. ”guru di era sekarang jangan hanya mengajar, tapi harus mendidik”, imbuhnya.
Didampingi oleh Humas Kemenag Gowa, mantan kepala KUA kec. Sombaopu ini juga menggambarkan metode pembelajaran guru di masa dimana ia masih menduduki bangku sekolah. ”Dulu itu, hanya sedikitji teori yang diajarkan tentang agama, tetapi guru kami menuntun ke masjid, mengajar agar tidak membentak orang tua, mendampingi murid mengaji dan ilmu lain yang mendidik”, pungkasnya.
Selain itu, Wakil Ketua MUI Kab. Gowa ini menguraikan beberapa permasalahan yang dihadapi di dunia pendidikan khususnya guru. ”Ada tiga masalah utama yang dihadapi oleh guru, diantaranya kualitas guru, kuantitas guru dan kesejahteraan”, katanya (Idris Musi)sulselkemenag.go.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar