Senin, 07 Januari 2013

Kepala Madrasah Belajar Aplikasi Kependidikan



(Sungguminasa, Pelaksana Humas Gowa). Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gowa melalui seksi Mapenda melaksanakan Sosialisasi Aplikasi Kependidikan. Kegiatan ini berlangsung pada hari selasa (08/01) di Aula Kantor Kemenag Gowa. Peserta kegiatan ini terdiri atas Kepala Madrasah disemua tingkatan (MA,MTs,MI) beserta operator masing-masing.
Tampil sebagai narasumber kegiatan ini, salah satu staf pada seksi Mapenda, Ishak Ibrahim. Dihadapan ratusan peserta, ia memberi sosialisasi mengenai penggunaan aplikasi EMIS (Education Management Information System), SIM BOS dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Ketiga aplikasi tersebut terkoneksi dengan jaringan internet.
Salah satu tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka menghadapi ujian nasional (UN). Diharapkan dengan kegiatan ini, para kepala madrasah dapat menerapkan disekolah masing-masing.  Emis Pendis merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh kementerian agama untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam.Dengan adanya sistem yang dikembangkan tersebut, sekolah atau madrasah yang berada di bawah naungan kementerian agama menjadi lebih mudah di dalam melaporkan perkembangan.
SIMBOS Madrasah adalah sebuah aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Monitoring dan Pelaporan Dana BOS untuk Madrasah di Kementerian Agama Republik Indonesia
NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan Depdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Departemen Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. (Idris Musi) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar